Data Development Training Bagi Petugas Monitoring dan Evaluasi

PKBI Jawa Barat bersama dengan mitra SSR (Sub-Sub Recipient) berpartisipasi dalam pelatihan data development yang diselenggarakan pada tanggal 3 – 6 Oktober 2017 di Jakarta oleh Yayasan Spiritia selaku PR (Principal Recipient) dalam program GF NFM 2016 - 2017. Peserta pada pelatihan ini datang dari 34 Provinsi dengan jumlah peserta 70 staff monev SSR dan 3 orang asisten monev SR (Sub Recipient), peserta dari Provinsi Jawa Barat terdiri dari 8 orang staff monev SSR dan 1 orang asisten monev SR.    

Di awal pelatihan peserta mengerjakan pre test kemudian panitia memaparkan gambaran umum pelatihan, temuan pada saat kunjungan lapangan, mini survey feedback dari virtual outreach, monitoring dan evaluasi, audit kualitas data. 

Hari kedua, panitia menjelaskan kembali fitur dari sistem informasi spiritia (SIS) offline dan online kemudian peserta mulai praktek rumus dan fungsi Microsoft Excel, mengubah data di tabel ke bentuk grafik dan menganalisa raw data (output) dari SIS. 

 

Hari ketiga, peserta praktek membuat performance base untuk petugas lapangan yang datanya diperoleh dari SIS raw data rujukan layanan kesehatan selama 4 bulan terakhir kemudian membaca indikator dari agregat (data keseluruhan) SIS untuk dianalisa. Setelah materi pelatihan semua disampaikan, tiap peserta menyempurnakan presentasi capaian program di wilayah kerjanya pada periode Januari - Juni 2017 yang telah dibuat sebelumnya.

Hari terakhir pelatihan, panitia mengundang staff monev SIHA (Sistem Informasi HIV-AIDS & IMS) dari Kemenkes untuk menyampaikan teknis pencatatan dan pelaporan SIHA serta cross cutting issue antara SIS dan SIHA,  point pembahasan dalam sesi diskusi adalah perbedaan yang cukup tinggi capaian SIHA dengan SIS ditingkat nasional hal ini perlu evaluasi dalam pencatatan laporan khususnya pada indikator status kunjungan ke layanan, form rujukan yang harus ditulis dengan lengkap dan dibawa saat konseling serta perlunya validasi data bersama pada akhir bulan pelaporan.         

Sebelum pelatihan selesai peserta mengerjakan post test, hasilnya untuk tim dari Jawa Barat menunjukan peningkatan nilai sebesar 68% dari pre test. Semoga dari pelatihan ini rekan-rekan dapat meningkatkan kemampuan dalam menganalisa capaian program, menerapkan keterampilan mengolah data untuk keperluan lembaga dan wilayah kerjanya.

 

Penulis : Ray Radian – PKBI Jabar 

Share
Headline

Contact PKBI Jabar

Jln. Soekarno Hatta No.496

Sekelimus - Bandung 40266

Telp. +62 22 756 7997
  +62 22 751 4332
Fax.  +62 22 751 4332
E-mail.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

INFO LAYANAN

Link Terkait

Berita Layanan

BAGAIMANA PENGGUNAAN METODE KONTRASEPSI PADA WANITA BERUSIA DIATAS 35 TH ?

Dalam rangka meningkatkan peserta metode KB jangka panjang  (MKJP) sebagai alat KB yang paling efek..

Readmore..

Training Layanan Kebidanan Terkini

Training Layanan Kebidanan Terkini Stikes Jendral Ahmad Yani Cimahi --- PKBI Jawa Barat PKBI Jawa ..

Readmore..

Ketika Alat Kontrasepsi Sering Terlupakan….

(Kajian sederhana mengenai penggunaan alat kontrasepsi pada perempuan dengan status HIV positif mitr..

Readmore..

Share