Bentuk komitmen PKBI Jabar mendorong Remaja Sehat dan Bertanggung-jawab melalui Program Magang SMK 15 Bandung.

Pada tahun 2017 PKBI Jawa Barat membuka kesempatan bagi siswa/siswi yang duduk dibangku SMA/SMK untuk memperoleh pengetahuan, pendidikan dan pengalaman dengan melakukan magang di PKBI Jawa Barat. Hal ini diawali dengan magangnya 18 siswa-siswi SMK 15 Bandung jurusan Pekerja Sosial. SMK 15 Bandung merupakan sekolah menengah kejuruan satu-satunya se-Jawa Barat yang menyediakan jurusan Pekerja Sosial. Ini merupakan kesempatan yang baik,  melalui instansi pendidikan siswa sudah diajarkan nilai-nilai sosial, sehingga kepekaan dan keperduliaan remaja tumbuh secara baik. PKBI Jawa Barat beserta seluruh pengurus, staff dan relawan menyambut baik permohonan magang dari SMK 15 Bandung, dan mengaplikasikan beberapa modul yang dimiliki oleh PKBI Jawa Barat. 

Siswa magang dari SMK 15 Bandung telah melakukan magang dari bulan Februari 2017 dan berakhir di bulan Maret 2017. Siswa magang berjumlah 18 orang mengikuti materi dan kegiatan di  lembaga PKBI Jawa Barat setiap hari Selasa hingga Jum’at, dari pukul 10.00 – 15.00 WIB. Pukul 10.00 - 12.00 siswa diberikan pemaparan terkait kelembagaan, kerelawanan, isu PKBI dan materi lain yang sesuai dengan modul kesehatan reproduksi yang dimiliki oleh PKBI. Sementara pada pukul 13.00 – 15.00 tim MCR akan mengisi kelas dengan mendiskusikan isu-isu terkait remaja dan kesehatan reproduksi yang saat ini sedang berkembang dengan metode yang menarik dan menyenangkan seperti dengan permainan.

Para siswa magang senantiasa selalu dilibatkan dalam kegiatan PKBI. Seperti terlibat dalam kegiatan Klinik Teratai yaitu memberikan informasi pada kegiatan Porseni SMP Taruna Bakti. Dimana pada kegiatan tersebut siswa magang bertugas untuk mengajak siswa-siswi untuk memahami informasi kesehatan reproduksi melalui permainan-permainan yang menarik. Seperti permainan dart game,siswa yang berhasil menancapkan panah pada papan akan diberikan pertanyaan sesuai dengan nomor yang tertera pada papan, dan siswa Taruna Bakti yang berhasil menjawab memiliki kemungkinan untuk memenangkan hadiah menarik. Melalui cara – cara kreatif dan inovatif seperti ini mampu mendorong ketertarikan siswa dalam memahami informasi dan menjadikan belajar kesehatan reproduksi sebagai sesuatu yang menyenangkan.

Tidak hanya sampai disitu siswa magang SMK 15 juga dilibatkan dalam kegiatan MCR khususnya seperti siaran Radio di Paramuda, Pra Pelatihan Konselor Remaja SMK 1 Bandung atau terlibat dalam penyuluhan yang dilakukan di Ponpres SMA Al-Huda dan SMP/SMK Karang Arum. Tujuan dari pelibatan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman dan jam terbang siswa magang terutama dalam mempraktekkan informasi dan pengetahuan yang dimiliki kepada remaja-remaja lain.

Siswa magang SMK 15 Bandung juga dilibatkan dalam kegiatan observasi yang bertujuan untuk menganalisis dan melihat secara langsung situasi dan fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Salah satu lokasi yang dikunjungi yaitu Kuburan Cina daerah Cikadut, Kota Bandung. Menurut pengamatan,  lokasi tersebut seringkali dimanfaatkan oleh remaja untuk berpacaran dan balapan liar. Berdasarkan informasi yang diperoleh pada tahun 2016 lalu di lokasi tersebut sempat terjadi pemerkosaan yang berujung pada pembunuhan remaja, juga kasus tersebarnya video remaja yang sedang melakukan hubungan seksual. Lokasi yang sepi, jauh dari pemukiman serta tidak adanya keamanan memungkinkan dimanfaatkan untuk melakukan tindakan beresiko.

Melalui kegiatan magang ini diharapkan kerjasama antara SMK 15 Bandung dan PKBI Jawa Barat dapat terjalin secara baik dan berkelanjutan. Dengan kegiatan ini, dukungan sumberdaya yang dimiliki oleh PKBI diharapkan mampu berkontribusi dalam memberikan informasi  yang komprehensif tentang kesehatan reproduksi dan memberikan pengalaman dalam bekerja dibidang sosial.  Proses magang ini juga diharapkan mampu membentuk pilar-pilar relawan remaja disekolah, dan bermanfaat bagi siswa-siswa lainnya.

Penulis :

Pertiwi – Koordinator Youth Centre PKBI Jawa Barat

Editor :

Titeu Herawati – PKBI Jawa Barat

 

 

Share
Headline

Contact PKBI Jabar

Jln. Soekarno Hatta No.496

Sekelimus - Bandung 40266

Telp. +62 22 756 7997
  +62 22 751 4332
Fax.  +62 22 751 4332
E-mail.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

INFO LAYANAN

Link Terkait

Berita Layanan

BAGAIMANA PENGGUNAAN METODE KONTRASEPSI PADA WANITA BERUSIA DIATAS 35 TH ?

Dalam rangka meningkatkan peserta metode KB jangka panjang  (MKJP) sebagai alat KB yang paling efek..

Readmore..

Training Layanan Kebidanan Terkini

Training Layanan Kebidanan Terkini Stikes Jendral Ahmad Yani Cimahi --- PKBI Jawa Barat PKBI Jawa ..

Readmore..

Ketika Alat Kontrasepsi Sering Terlupakan….

(Kajian sederhana mengenai penggunaan alat kontrasepsi pada perempuan dengan status HIV positif mitr..

Readmore..

Share