Penguatan Kapasitas Petugas Kesehatan dalam Pelayanan Infeksi Menular Seksual

Infeksi Menular Seksual (IMS) merupakan infeksi yang berdampak pada masalah kesehatan berupa kesakitan dan kematian, termasuk masalah sosial dan ekonomi. Setiap hari terjadi sekitar satu juta kasus IMS, baik IMS  yang dapat diobati dan masih lebih banyak lagi kasus IMS lain yang tak dapat diobati.

PKBI Jawa Barat untuk kesekian kalinya dipercaya untuk menyelenggarakan pelatihan IMS bagi petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Bekasi, pada tanggal 8 – 14 Juni 2014  bertempat di Hotel Serena Bandung.

Materi dalam pelatihan IMS ini dilaksanakan selama 7 hari sebanyak 58 JPL (Jam Pelajaran) bekerja sama dengan Bapelkes Provinsi Jawa Barat.  Pelatihan terbagi menjadi 3 bagian yaitu teori, praktek dan praktek lapangan.  Peserta berjumlah 30 orang dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas dokter dan bidan, kelas petugas administrasi dan kelas petugas laboratorium.  Pelatihan dilaksanakan 4 hari di kelas dan 3 hari praktek langsung di Klinik PKBI Jawa Barat.

Pada saat praktek lapangan dan terjun langsung melayani pasien, peserta berlatih dan dibagi grup berdasarkan puskesmas masing masing.  Pasien yang dilayani merupakan pasien yang datang ke Klinik Mawar PKBI Jawa Barat dan di bantu oleh petugas lapangan yang ada di Klinik Mawar PKBI Jawa Barat.

Metode pengajaran diberikan dalam bentuk paparan, tanya jawab, role play, studi kasus, diskusi kelompok, dan demo pemeriksaan IMS dan praktek lapangan.  Narasumber dan Fasilitator dalam pelatihan ini adalah dr.Bagus Rahmat Prabowo (konsultan WHO), Master Of Trainer dari Bapelkes Prov Jawa Barat, tim pelatih dari Laboratorium Kesehatan Daerah, Dinas Kesehatan Kota Bandung dan tim dari PKBI Jawa Barat.

Perhatian dan keaktifan dari para peserta sangat tinggi dan disiplin, walaupun materi sangat padat.  Nilai post test peserta pun meningkat cukup tinggi dari nilai pre test, artinya peserta cukup menyerap materi yang disampaikan selama pelatihan.  Dalam proses praktek lapangan peserta dapat melayani cukup baik pasien pasien yang datang. Setelah selesai pelatihan, peserta diskusi dengan narasumber  dan  membahas hasil praktek lapangan.

Kesan dari peserta terhadap pelatihan sangat baik, peserta pelatihan menyampaikan bahwa melalui proses yang menyenangkan selama pelatihan dengan alasan narasumber dan fasilitator sangat baik, serta mendapatkan ilmu yang belum didapatkan sebelumnya, senang dapat melayani pasien IMS. Nilai evaluasi terhadap penyelenggaraan pelatihan pun cukup baik, dengan rata rata nilai 86 % meyebutkan baik dan 14% sangat baik.

Untuk pelatihan ini, peserta mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh Bapelkes provinsi Barat dan diberikan langsung setelah pelatihan berakhir.  Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat dalam melayani pasien yang datang ke Puskesmas di wilayah Kota Bekasi.

Penulis :

Titeu Herawati – PKBI Jawa Barat

Bagi yang tertarik untuk menyelenggarakan pelatihan IMS, silahkan menghubungi bagian Training Centre Jalan Soekarno Hatta 496 Bandung, 022 7567997. 

Share
Headline

Contact PKBI Jabar

Jln. Soekarno Hatta No.496

Sekelimus - Bandung 40266

Telp. +62 22 756 7997
  +62 22 751 4332
Fax.  +62 22 751 4332
E-mail.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

INFO LAYANAN

Link Terkait

Berita Layanan

BAGAIMANA PENGGUNAAN METODE KONTRASEPSI PADA WANITA BERUSIA DIATAS 35 TH ?

Dalam rangka meningkatkan peserta metode KB jangka panjang  (MKJP) sebagai alat KB yang paling efek..

Readmore..

Training Layanan Kebidanan Terkini

Training Layanan Kebidanan Terkini Stikes Jendral Ahmad Yani Cimahi --- PKBI Jawa Barat PKBI Jawa ..

Readmore..

Ketika Alat Kontrasepsi Sering Terlupakan….

(Kajian sederhana mengenai penggunaan alat kontrasepsi pada perempuan dengan status HIV positif mitr..

Readmore..

Share