KLINIK TERATAI - PELAYANAN KB & KESPRO

klinik

 

Provinsi Jawa Barat yang merupakan Provinsi terbesar penduduknya, masih mempunyai permasalahan yang mendasar dalam hal Kependudukan/Keluarga Berencana (KB) dan Kesehatan Reproduksi,  misalnya masih tingginya pernikahan dini, adanya penyimpangan seksual remaja, kehamilan remaja, penyalahgunaan narkotika, masih tingginya angka drop out KB, rendahnya Kualitas pengetahuan peserta KB (hasil beberapa penelitian/pengamatan) dan permasalahan lainnya, sementara penyediaan pelayanan kesehatan reproduksi masih terbatas.

Oleh sebab itu, tahun 1989 PKBI Jawa Barat mulai merintis Wisma KB Terpadu/Pengembangan Jaringan Pelayanan KB. Pada tahun 1990 akhir, Klinik (WKBT) berhasil didirikan di Jl. Soekarno Hatta Bandung (samping Kantor PKBI Jawa Barat), dalam proses perkembangannya, WKBT Teratai menjadi Induk Jaringan dari WKBT-WKBT di lingkungan PKBI Jabar. Pada tahun 1991 Klinik WKBT menerima dukungan dana dari The Pathfinder untuk pengembangan. Dan di tahun 2005 klinik Teratai ter-sertifikasi "Quality of Care" oleh International Planned Parenthood Federation (IPPF).

Saat ini Klinik Teratai PKBI Jawa Barat memberikan beberapa pelayanan yang diantaranya; Pelayanan Kesehatan Reproduksi Terpadu yang meliputi kesehatan ibu dan anak, kontrasepsi selain MOP/MOW, penanganan IMS-HIV termasuk bumil dengan HIV, kespro remaja, penanganan kegagalan KB berbasis konseling. Pelayanan Papsmear di luar klinik. Pemeriksaan kesehatan umum (bekerjasama dengan asuransi swasta tenaga kerja). Konsultasi dan tes psikologi. Konseling keluarga. Penyuluhan kespro dan kesehatan umum (siswa, karyawan, umum). Pelatihan bidan, kader lainnya. Bakti Sosial. Regular Radio Talk show

Share

INFO LAYANAN