PKBI JABAR – PMTS

(Januari – Maret – Juni 2012)

PKBI Daerah :  Jawa Barat
Strategi Program PKBI :  Strategi III
Manajer / Koordinator Program :  Nunuk Kusniati
Sumber Dana :  IPF KPAN
Durasi Program :  Januari 2012 - Juni 2012
Lokasi Program :  Kota Cimahi
Jenis Lokasi :  Kota Cimahi
Target Group :  Pekerja Seks dan Pelanggan
Rentang penghasilan perbulan(rata2)
Jenis Kelamin :  Laki, Perempuan
Rentang Usia :  Remaja, Dewasa (10th - 50 th)


TUJUAN UMUM (GOAL/OVERALL OBJECTIVE)

Memberikan kontribusi terhadap penurunan kasus IMS dan HIV pada  kelompok risiko tinggi ( WPS Langsung, WPS Tidak Langsung,pelanggan dan pasangan) di Kota/ Kab Cimahi.

RINGKASAN LAPORAN (SUMMARY)

Kota Bandung secara geografis  dekat dengan kota Cimahi. Dekatnya kota Cimahi dan kota Bandung mempunyai dampak terhadap  kependudukan kota Cimahi, perekonomian kota Cimahi dan permasalahan social kota Cimahi. Mobilisasi  penduduk kota Bandung dan kota Cimahi cukup tinggi. Diperkirakan  sebagian besar penduduk cimahi bekerja di kota bandung atau ,mencari nafkah di kota Bandung. Dimulai dari pekerja kantor sampai pada mereka yang bekerja di tempat hiburan di kota Bandung. Hal ini tentunya akan menambah kompleksitas permasalahan kota Bandung dan juga pada kota Cimahi.
Pemerintah Kota Cimahi mengupayakan untuk tidak terjadinya urbanisasi besar-besaran ke Kota Bandung, maka di kembangkan potensi daerah untuk menarik wisata local,menarik investor luar  dan membuka lapangan kerja.

Namun bagi sebagian penduduk yang mempunyai keterbatasan pengetahuan dan tidak memahami resiko tertular IMS/HIV  melakukan kegiatan berisiko untuk penularan HIV dan IMS.

Berdasarkan estimasi  tahun 2007 yang bersumber dari KPAD , jumlah populasi risiko tinggi di Kota Cimahi adalah 3710 terdiri dari pria berisiko dan wanita beresiko.  Sedangkan untuk populasi WPS 130 dan pelanggan estimasi jumlah adalah 660 orang.

Tingginya jumlah kelompok risiko tinggi di kota Cimahi  berbanding lurus dengan jumlah kasus HIV yang terus meningkat . Gambaran kasus HIV dari  kota Cimahi adalah 138 kasus .

Kegiatan pencegahan di kota Cimahi  pernah dilakukan oleh PKBI Jabar belum maksimal,karena karakteristik WPS Cimahi tertutup dan terselubung. Sehingga perlu sekali adanya kegiatan penjangkauan dan meningkatkan akses layanan yang komprehensif dikota Cimahi untuk menekan penularan HIV yang tinggi  pada transaksi seksual . prevalensi penularan HIV melalui seksual rata-rata sekitar 5,3 % di kota Cimahi.

PKBI Jabar salah satu LSM yang menangani  HIV secara komprehensif dan berperan secara aktif  di kota Cimahi pada tahun 2006-2008,Telah menjangkau WPS kota Cimahi sekitar 89 orang WPS dan HRM 652 orang. 

Dengan adanya kecenderungan peningkatan transmisi HIV melalui jalur seksual sementara jumlah cakupan pelayanan keseluruhan yang masih rendah (STI, VCT, BCC maupun CST) di kota Cimahi, maka PKBI Jawa Barat berencana akan terus menanggulangi perluasan epidemi HIV/AIDS melalui program penanggulangan HIV/AIDS yang komprehensif dan terpadu. . Sehingga pada program ini selain meneruskan program VCT dan CST, PKBI Jawa Barat akan menguatkan program BCC dan CST melalui pemberdayaan masyarakat lokal/stakeholder lokal di Kota Cimahi dalam program komprehensif  IMS/HIV/AIDS yang telah dilakukan. Program VCT, CST diperuntukkan pada kelompok resiko tinggi  ( WPS, Pelanggan/HRM ) di wilayah Kota Cimahi.

Share

INFO LAYANAN