Indonesia HIV Response : Accelerating The Achievment Of The Three Zeros

Sebagai bagian dari upaya pengendalian HIV-AIDS di Indonesia, pemerintah melalui Country Coordinating Mechanism Global Fund for AIDS, TB and Malaria (CCM GF-ATM) mengajukan permintaan bantuan hibah kepada GF-ATM melalui mekanisme pendanaan New Funding Model for TB-HIV. Permintaan tersebut telah mendapatkan persetujuan GF-ATM dan akan mulai dilaksanakan pada awal tahun 2016 selama periode 2 tahun.

Saat ini PKBI Jawa Barat terpilih menjadi salah satu dari enam Sub Recipient (SR) mitra Spiritia sebagai Principle Recipient (PR) pendanaan program penanggulangan TB-HIV dari GF-ATM New Funding Model tahun 2016-2017 untuk komponen HIV-AIDS. PKBI Jawa Barat  bertanggung jawab untuk melaksanakan sebagian program dan intervensi untuk modul pencegahan pada LSL, Waria, serta Penasun dan pasangannya. Di wilayah Jawa Barat kecuali selain Kab Bekasi, Kota Bekasi, Kab Bogor, Kota Bogor, dan Depok.

Saat ini program penanggulangan HIV dan AIDS masih terus di lakukan, rencana PKBI Jawa Barat dalam melaksanakan program NFM mendatang melalui penjangkauan dan pendampingan untuk memperkuat metode pengembangan Layanan Komprehensif Berkesinambungan (LKB) dan Stategic Use of ARV, dengan penguatan Peer Educator yang yang berasal dari komunitas, output dari strategy implementasi yang akan di lakukan PKBI Jawa Barat pada fase NFM :

  • Mengurangi angka infeksi baru HIV baru pada LSL, waria, penasun dan pasangannya, dengan menerapkan konsep Health Seeking Behavior (HSB) atau mencari perilaku hidup sehat.
  • Peningkatan kualitas hidup ODHA terutama pada ODHA
  • Pengembangan konsep pemberdayaan masyarakat yang mendorong terbentuknya  komunitas yang kuat dengan tujuan meningkatkan partisipasi komunitas dan masyarakat dalam penaggulangan HIV dan AIDS, yang juga bisa menjadi salah satu kelompok dukungan ODHA.

PKBI Jawa Barat mengundang Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) untuk mengajukan surat ketertarikan dan mengikuti proses seleksi menjadi Sub Sub Recipient (SSR) di 20 Kota/Kab di wilayah Jawa Barat. OMS yang memenuhi syarat dan lolos seleksi akan terlibat dalam program NFM 2016 – 2017. Diharapkan  8  SSR  akan  terpilih  pada  akhir  Februari  2016.  Kemudian,  8 SSR  terpilih  akan melakukan rekrutmen Petugas Lapangan (PL) pada awal Maret 2016, dan pertengahan Maret 2016 sudah mulai bisa melakukan implementasi program.

Area kerja PKBI Jawa Barat  periode 2016 - 2017 meliputi Region-5, Jabar, yaitu:

1.Kota Bandung

2.Kota Cirebon

3.Kab.Bandung

4.Kab.Garut

5.Kab.Tasikmalaya

6.Kab.Ciamis

7.Kab.Kuningan

8.Kab.Cirebon

9.Kab.Majalengka

10.Kab.Sumedang

11.Kab.Indramayu

12.Kab.Subang

13.Kab.Karawang

14.Kab.Bandung Barat

15.Kota Cimahi

16.Kota Tasikmalaya

17.Kota Sukabumi

18.Kab.Sukabumi

19.Kab.Cianjur

20.Kota Banjar


Share

INFO LAYANAN